TECH NOW : TESLA Bangun Pabrik di Indonesia

Tesla adalah salah satu perusahaan otomotif terbesar asal Amerika Serikat. Mobil yang diproduksi mempunyai desain yang futuristik serta elegan, dan tentunya tidak berbahan bakar minyak melainkan menggunakan energi listrik yang dihasilkan baterai aki.

Salah satu perusahaan mobil listrik dunia, Tesla besutan Elon Musk sedang menjajaki pembangunan pabrik baterai di Indonesia. Kabar terbaru, Tesla sedang diarahkan oleh pemerintah untuk membangun pabriknya di kawasan industri terpadu Batang, Jawa Tengah, yang sedang dibangun pemerintah.

Menteri Perindustrian Dr. Agus Gumiwang Kartasasmita, M.Si. juga membenarkan soal rencana Tesla tersebut, saat ini proses diskusi antara Tesla dan pemerintah masih berlangsung.

“Manajemen Tesla tertarik menanamkan modal lantaran Indonesia memiliki cadangan nikel terbesar di dunia dan bahkan bertanya apakah cadangan nikel tanah air mumpuni,” ujar Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Panjaitan selaku Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, dilansir CNBC Indonesia.