Dies Natalis 54: PSIK FT-UB Gelar Workshop Fotografi

fot-2

Bidang Kehumasan Pengelola Sistem Informasi dan Kehumasan (PSIK) Fakultas Teknik Univeristas Brawijaya (FT-UB) kembali mengundang pemateri handal dalam workshop tahunannya. Kali ini giliran Ari Bowo Sucipto, SSos., fotografer ANTARA News, diundang untuk menjadi pemateri tunggal dalam Workshop Fotografi, Kamis (26/Okt/2017).

Workshop ini merupakan kegiatan ketiga sejak 2015. Workshop pertama adalah pengenalan kehumasan dan penulisan artikel pada 2015. Kedua adalah workshop untuk menumbuhkan jiwa kehumasan pada tiap pribadi yang bertajuk Everyone is a PRO (Public Relation Officer)pada tahun 2016.

Tak kurang dari 50 orang hadir pada workshop kali ini; Ketua PSIK FT  Ir. Unggul Wibawa MSc, Ketua Bidang Kehumasan PSIK FT Rudy Yuwono ST MSc, Ketua Bidang Sistem Informasi PSIK FT Adharul Muttaqin ST MT, seluruh staff PSIK, dan puluhan undangan yang terdiri dari perwakilan Tenaga Kependidikan dan mahasiswa di setiap kelembagaan di lingkungan FT-UB.

fot (6)Dalam laporannya Rudy melaporkan bahwa salah satu tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendukung jargon Kehumasan FT, one day one report, yaitu tiap harinya minimal dapat memuat satu berita di laman resmi FT, teknik.ub.ac.id.

“Undangan sejumlah 47 ini kami harapkan dapat mewakili lembaganya sebagai humas. Setiap ada kegiatan tinggal berikan 5w+1h dan foto kegiatan kepada kami, nanti pasti kami bantu publikasikan. Oleh karena itu kalau dulu kami sudah beritahukan bagaimana cara menulis artikel, sekarang kami undang fotografer profesional untuk memberikan ilmu tentang bagaimana mendokumentasikan acara secara representatif.” tukasnya.

Hadir membuka acara pagi itu, Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. Ir. Surjono, MTP di Ruang Rapat Pimpinan Lantai 3, Gedung FT-UB. Dr Surjono menyampaikan dukungannya pada seluruh kegiatan PSIK-Kehumasan.

“Saya sangat bersyukur workshop kehumasan ini menjadi salah satu dari rangkaian acara dalam Dies Natalis Fakultas Teknik. Setiap pribadi, terutama setiap keluarga besar FT diharapkan bisa menjadi humas bagi dirinya sendiri dan alma mater, karena ujung tombak reputasi instuitusi perguruan tinggi itu ada di publikasi,” ungkapnya saat membuka acara.

fot (1)Pada sesi materi Ari Bowo mengajak peserta untuk lebih mengenal bagian-bagian kamera dan membagikan materi tentang fotografi dasar. Tak berhenti di teori, peserta juga diajak praktik langsung di sekitar area Fakultas Teknik.

Bertemakan “Suasana Akademik di Fakultas Teknik”, peserta diberikan waktu 45 menit untuk hunting foto. Ari Bowo memberikan penilaiannya untuk setiap foto yang dikumpulkan oleh peserta dan memilih 3 foto terbaik. Ketiganya adalah karya dari Lina Sari, A.Md, Tenaga Kependidikan Jurusan Teknik Mesin, Rachdian Rizqi Abadi, mahasiswa Perwakilan BEM Teknik, dan Nadia Rahmani, mahasiswa Perwakilan LPM SOLID.

fot (5)“Saya pun sempat terkejut dengan keantusiasan dari para peserta. Foto-foto yang dihasilkanpun juga bagus, saya akan mereview satu persatu sebagai bahan pembelajaran dan menyampaikannya melalui whatsapp panitia,” ujar Ari Bowo saat penjurian. Kegiatan Workshop Fotografi ini ditutup dengan pemberian doorprize kepada pemenang serta foto bersama seluruh peserta. (mic/kik)

 

fot (4)                 fot (3)

 

(sumber : http://teknik.ub.ac.id/id/dies-natalis-54-psik-ft-ub-gelar-workshop-fotografi/)

Leave a Reply